Pemerintah Kabupaten Kampar
BERITA KATEGORI Pembangunan

Dekranasda Latih 10 Pembatik

Pangkalan Kerinci (KAMPARKAB) : Guna mewujudkan Batik Kampar dengan nama batik Muara Takus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar melatih sebanyak 10 orang untuk dapat mewujudkan Batik Kampar.

Demikian disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kampar Nur’aini Azis yang diwakili Lesvita wakil Ketua Dekranasda Kampar pada saat memberikan sambutan sekaligus penyerahan peserta pelatihan membatik ke pihak manajemen Perusahaan yang mengelola rumah batik.

Pelaksanaan pelatihan Yang bertempat di Balai Pelatihan dan pengembangan usaha terpadu Corporate Social Responsibiluty (CSR) PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan pada hari Senin, 15/7.

Ditambahkan Lesvita kegiatan ini merupakan keinginan kuat kita agar Pemkab Kampar memiliki batik dengan ciri khas sendiri “Untuk mewujudkan hal tersebut kita melatih sebanyak 10 orang pengrajin untuk dilatih dirumah batik Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

“Rumah batik Comunity Devalopmrnt (CD) PT. RAPP Pelalawan Ini kita pilih karena telah memiliki rumah batik yang langsung dikerjakan di tempat tersebut, dan mereka telah melakukan pembinaan terhadap Pembatik dari daerah lain “Tambah Lesvita lagi.

Oleh sebab itu usai pelatihan kita berharap Kampar akan memiliki batik khas Kampar sendiri, oleh sebab itu ia meminta kepada peserta untuk dapat mengikuti dengan seskama pelatihan ini, sehingga nantinya dapat dikembangkan lagi di Kabupaten Kampar “Harap Lesvita yang didampingi oleh Siti Maisarah Yuyun Hidayat.

Pelatihan yang diikuti selama 6 hari mulai tanggal 17 sampai dengan 22 Juni 2018 tersebut hari ini telah diserahterimakan kepada pelatih dan manajemen PT. RAPP sebagi Pembina Batik bono pelalawan, dan semoga selam 6 hari tersebut mereka dapat menimba ilmu dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat diwujudkannya Batik Kampar dengan nama Batik Muara Takus tersebut, dan sekarang kita sudah siapkan tempat di PLUT di Kecamatan Tambang sebagi Rumah Batik Kampar” Kata Lesvita lagi.

Sementara itu Manajemen PT. RAPP Marzum saat menerima peserta pelatihan dari Kampar tersebut menyampaikan harapan yang besar pada pembatik Kampar dapat secara maksimal dan sungguh-sungguh memanfaatkan para instruktur batik untuk dapat menimba ilmu, semoga dapat pula menjadi pembatik handal dan kita berharap, dapat menghasilkan batik yang berkualitas dengan corak daerah seperti candi Muara Takus” Kata Marzum yang didampingi oleh Sundari berlian ketua panitia dan Siti Nurbaya instruktur dan pelatih batik.

Sementara itu Rina Rudi Fajar yang merupakan Pembina Batik Bono Pelalawan menyatakan sangat berterima kasih atas kepercayaan Dekranasda Kampar yang menjadikan CD PT. RAPP tersebut sebagi tempat belajar dan menimba ilmu, kita tak segan-segan mengajarkan dan memberikan ilmu membatik kepada ibu-ibu dari Kabupaten Kampar, ini berkat koordinasi dan jalinan kerja sama yang baik antara Dekranasda Kampar dan Ikatan Wanita RAPP (IWARA) sebagai Pembina Batik Pelalawan.

Pada Kesempatan tersebut di serahkan sebanyak 10 orang pembatik Kampar untuk dilatih dan dige,mbleng oleh instruktur, dan semoga Batik Kampar dengan Corak Muara Takusnya dapat terwujud” Katanya menakhiri.

Hadir pada kesempatan tersebut dari Dekranasda Kampar Radiah Wakil Sekretaris, Agusni Mariani Wakil bendahara, Ratnawaty,koordinator rumah batik Kampar dan dari CD PT. RAPP Kerinci Kabupaten Plelalawan (Diskominfo Kampar/Pdy)

Related posts

Sekda :”Kampar Telah Serahkan Bantuan Keuangan Khusus dari Provinsi Kepada 6509 KK”

Supardi

Drs Yusri M.Si : “Yang pasti Pemerintah Kabupaten Kampar sangat komit dalam menerapkan aturan Nilai Dasar, Prilaku ASN dan SIJAPTI di Kabupaten Kampar”

Supardi

Sekda : Terima Kasih Helatan Kemerdekaan Sukses di Laksanakan

Supardi

Kabupaten Kampar Gelar koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi Bersama KPK

Supardi

Pulang dari Tokyo, Leani Ratri Oktila disambut dan Diarak Keliling Kota Bangkinang.

Supardi

Dinas Damkar Dan Penyelamatan Gelar Pencegahan Serta Penanganan Dini Pada Kebakaran

Supardi