Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Lima Bulan Kedepan Kampar Akan Miliki Bangunan ICS
BERITA Ekonomi Kampa KATEGORI KECAMATAN

Lima Bulan Kedepan Kampar Akan Miliki Bangunan ICS

Bangkinang – Kabupaten Kampar dalam waktu lebih kurang lima bulan kedepan, akan segera memiliki sebuah Indusrti dibidang Perikanan. Dimana bangunan indistri tersebut adalah Integrated Cold Storage (ICS) atau Pembangunang Gudang Beku Terintegritas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jendral Pengolahan Bina  Mutu Kementrian Kelautan dan Perikanan KKP RI Innes Rahmania di ruang rapat lantai II Kantor Bupati, minggu sore (15/7/18).

Usai menijau lokasi persiapan pembangunan ICS di Desa Koto Preramnbahan Kecamatn Kampar tersebut, Innes menjelaskan bahwa  ICS adalah tempat dan fasilitas untuk melakukan aktifitas pengolahan yang dilengakapi dengan sarana pembekuan dan gudang beku.

Dimana ICS tersebut insyaaallah dalam bulan  Juli 2018 ini akan mulai dilaksanakan pembangunanya, dengan perkiraan waktu lima bulan atau tepatnya bulan November pembangunan akan selesai.

Kemudian untuk ICS sendiri nantinya akan dibuat pengolahan Ikan : 1 line proses, Air Blast Freezer : 2 unit x 2,5 ton/siklus, Cold Storage : 2 unit x 50 ton, Flake Ice machine : 5 ton/ hari, Water Treatment Plat : 100 M3, Ippal : 100/150 M3, Daya Listrik PLN : 240 KVA serta Genset : 135 KVA.

Dengan demikian, maka ICS nantinya akan menampung lebih kurang 100 orang tenaga yang berasal dari Kabupaten Kampar senidiri.”terang Inne”.

Adapun bantuan ICS yang dibangun untuk Kampar nantinya dengan nilai lebih kurang  Rp 17,7 Milyar. Apabila selesai pembangunnya akhir November nanti, maka Kampar akan mengalahkan 7 Provinsi atau 7 Kabupaten dalam pembanguan ICS dengan kualitas yang berbeda.

Sementara itu Bupati Kampar yang diwakili oleh  Wakil Bupati Kampar  Catur Sugeng Susanto,SH menyambut baik hal tersebut. Dalam hal ini atas nama Pemerintah Daerah (pemda) Kampar sangat mendukung dan meyambut baik.

Sebab dengan adanya ICS ini natinya barang pasti yang utama akan bisa sedikit menyerap tenaga kerja dan akan meningkatkan ekonomi masyarakat khsusunta dibidang perikanan.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri,M.Si, bahwa pemda Kampar komit dan mendukung sepenuhnya bantuan yang diberikan Menteri Kelautan dan Perikanan RI kepada masyarakat Kampar.

Dengan demikian dalam pembangunan, pemda Kampar komit akan membantu dalam hal jalan akses dari Jalan Raya Bangkinang Pekanbaru menuju lokasi ICS dalam bentuk Aspal.

Selain itu dalam hal jaringan Listrik, Air bersih dan perizinan lainnnya, pemda Kampar komit akan membatu sepenuhnya.”terang Dt Yusri”.(Diskominfo Mzk).

Related posts

Raih Magister, Catur Sugeng Susanto Wakili 2.034 Wisudawan/Wati UIR Sampaikan Pesan dan Kesan.

Supardi

Peduli Covid-19, Pengusaha Konveksi Sumbangkan 45 Stel APD Hazmat ke Pemkab Kampar.

Supardi

Kampar Terima Hibah Sumur Bor dari Kementerian ESDM

Supardi

Pemkab Kampar Terus Bina UMKM agar Eksis di Tengah Pendemi Covid-19 dengan Pelatihan Kewirausahaan.

Supardi

DPRD Kampar Dukung Penuh Terwujudnya Perda Tali Bapilin Tigo di Kampar Negeri Serambi Mekkah Riau.

Supardi

Peduli Covid-19 Kepala Desa Baru Langsung Semprot disinfektan ke Rumah Warga.

Supardi